KONTAK KAMI DI smansaprakarya@gmail.com atau taatprasetya2011@gmail.com

SMA Negeri 1 Magelang

Rabu, 26 Agustus 2015

Tugas Mengenal dan Membuat Papercraft (Kelas XI)

. Rabu, 26 Agustus 2015

Apa itu Papercraft ?
Papercraft merupakan turunan dari Seni melipat kertas seperti Origami, sedangkan origami adalah proses pembuatan kertas dengan melipat kertas tanpa menggunakan lem tetapi dalam pembuatan papercraft ada menyangkut menggunting kertas, menempel kertas dan melipat kertas. Setiap kertas yang telah di guting kemudian di lipat dan di rekatkan menggunakan lem. Papercraft lebih populer di negara Eropa dan Jepang di bandingkan di Amerika Serikat.
Sejarah Papercraft:
Awalnya papercraft ini di cetak di majalah pada abad ke 20 yang di namakan Card modeling. Pernahkah anda membeli majalah kemudian terdapat sebuah gambar atau poster yang mengharuskan anda harus melipat dan menggunting, inilah masa awalnya papercraft. Popularitas papercraft juga di mulai semenjak perang dunia ke II dimana kertas pada saat itu tidak ada batasan dalam produksinya.
Pada tahun 1941, Inggris menerbitkan 100 model yang berbeda dan sangat populer termasuk papercraft arsitektur, kapal laut, dan pesawat.
Fungsi Papercraft:
Selain sebagai hiasan rumah Anda, ternyata papercraft juga bisa untuk meningkatkan kreatifitas anak ataupun Anda sendiri. Selain itu papercraft juga melatih kesabaran serta tingkat kontrol emosi dan melatih tingkat stress Anda. Semakin sering mengerjakan papercraft maka semakin kreatif pikiran Anda dan semakin terjaganya kestabilan emosi Anda.

Tugas Pertama Untuk Masing-masing kelompok yang sudah dibentuk adalah sebagai berikut :
Membuat tema Hewan dengan pilihan sebagai berikut :
Sumber : http://cp.c-ij.com/en/categories/CAT-ST01-0071/top.html
1. Anak Sapi


Jika gagal mendownload silahkan coba link berikut ini di Google Drive

2. Kelinci

 

Download Link Tutorial

Jika gagal mendownload silahkan coba link berikut ini di Google Drive

Petunjuk pengerjaan !
  1. Pilihlah salah satu contoh dari gambar diatas dengan mendownload terlebih dahulu bahan dan tutorialnya
  2. Dikerjakan secara berkelompok
  3. Buat dan rakitlah sehingga hasilnya menjadi seperti contoh gambar diatas dan berikan ilustrasi pendukung untuk tiap bentuk hewan yang anda pilih misalnya dengan penambahan background pemandangan, rumah, rumput, sungat atau yang lainnya.
  4. Buat lah juga dokumentasi pekerjaan yang anda buat dari mulai memotong, menyusun, dan merekatkan sampai dengan bentuk jadi, dalam bentuk postingan di Blog masing-masing kelompok.
  5. Waktu pengerjaan 1 minggu !


SELAMAT MENGERJAKAN




















0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
prakaryasmansa is proudly powered by Blogger.com | Template by taatprasetya.web.id